Minggu, 01 November 2020

pemisahan campuran

Beberapa contoh metoda pemisahan campuran - campuran yang berada disekitar rumah kita

Sabtu, 22 Agustus 2020

Contoh soal Objek IPA dan Pengamatannya


 Contoh soal Objek IPA dan Pengamatannya

Berikut saya bagikan soal mengenai Objek IPA dan Pengamatannya, memang belum spenuhnya sesuai dengan kriteria yang diharapkan, akan tetapi mudah - mudahan dapat menjadi sedikit gambaran untuk soal soal bertipe. Terdapat beberapa tipe soal, diantaranya Pilihan ganda, Pilihan ganda bertingkat, Soal centang kotak dan soal centang kotak bertingkat. Soal tersebut saya buat menggunakan google form, karena sejauh ini menurut saya yang paling menfasilitasi dan paling mudah dalam pembuatan tipe - tipe soal tersebut. 

Berikut contoh soal Objek IPA dan Pengamatannya



Contoh soal Sistem Gerak Manusia

Contoh soal Sistem Gerak Manusia

Berikut saya bagikan soal  mengenai sistem Gerak Manusia, memang belum spenuhnya sesuai dengan kriteria yang diharapkan, akan tetapi mudah - mudahan dapat menjadi sedikit gambaran. Terdapat beberapa tipe soal, diantaranya Pilihan ganda, Pilihan ganda bertingkat, Soal centang kotak dan soal centang kotak bertingkat. Soal tersebut saya buat menggunakan google form, karena sejauh ini menurut saya yang paling menfasilitasi dan paling mudah dalam pembuatan tipe - tipe soal tersebut. 

Baik berikut Contoh soal Sistem Gerak Manusia



Senin, 03 Agustus 2020

Selasa, 28 Juli 2020

Sistem Gerak Manusia (Kelainan dan Gangguan Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya )

Sistem Gerak Manusia (Silabus IPA kelas 8 covid -19)

Sub bab Kelainan dan  Ganguan pada Sistem Gerak Manusia dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya

Merupakan media pembelajaran pertemuan ketiga dari pembelajaran Sistem Gerak Mahluk Hidup, setelah pertemuan 1 membahas tentang Struktur Rangka dan pertemuan ke dua tentang Persendian dan Otot. maka pertemuan ketiga media pembelajarannya membahas tentang Gangguan Sistem Pencernaan dan Upaya Mengatasinya . Berikut tautan untuk mendowload file PDF Kelainan dan Gangguan Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya, lalu tautan file PPS Kelainan dan Gangguan Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya

Minggu, 26 Juli 2020

Objek IPA dan Pengamatannya

Objek IPA dan Pengamatannya (Sub Materi Pengukuran)


Assalamualaykum wr.wb

Masih merupakan lanjutan dari Bab Objek IPA dan Pengamatannya, kali ini kita bahas mengenai PENGUKURAN. Bersamaan dengan powerpoint saya sertakan vidio singkat mengenai pemahaman pengukuran. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukannya. Power Point Pengukuran dapat diunduh disini sedangkan vidionya disini. Wassalamualaykum

Sabtu, 09 Mei 2020

Cahaya dan Optik (Indera Penglihatan dan Alat Optik)

INDERA PENGLIHATAN DAN ALAT OPTIK
CAHAYA DAN ALAT OPTIK
Kelas VIII semester genap Kurikulum Nasional

A. Pengantar

Alat optik merupakan salah satu perangkat yang digunakan manusia bahkan alat optik juga ada pada tubuh manusia.  Alat optik pada manusia adalah mata dan contoh alat optik yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kacamata, mikroskop dan teropong. Selain pada manusia, alat optik juga ada pada makhluk hidup lain seperti hewan serangga. Pada penggunaannya, alat optik juga berkenaan dengan cahaya yang diterima alat optik dan bayangan yang dibentuk alat optik sehingga kita dapat melihat  benda yang dekat atau jauh. Bab X ini akandibahas pentingnya cahaya pada sistem penglihatan manusia, pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, serta penggunaan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

B. KI dan KD pada Materi Indera Penglihatan dan alat optik
Berikut ini adalah KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi Bab X KI dan KD yang diambil dari Lampiran Permen Dikbud No. 68 Tahun 2013. Indikator pencapaian kompetensi yang tercantum pada buku ini dapat lebih dikembangkan lebih luas oleh guru berdasarkan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekolah.

Kompetensi Inti
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyajidan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 


Kompetensi Dasar

3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik 
  • 3.11.1  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
  • 3.11.2  Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada cermin datar dan lengkung
  • 3.11.3  Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung.
  • 3.11.4  Menjelaskan pentingnya cahaya pada proses penglihatan manusia.
  • 3.11.5  Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada mata manusia.
  • 3.11.6  Mengidentifikasi bagian-bagian mata.
  • 31.7  Menjelaskan macam-macam gangguan yang terjadi pada indera penglihatan.
  • 3.11.8  Mendeskripsikan pembentukan bayangan pada mata serangga.
  • 3.11.9  Mendata berbagai macam alat optik yang dapat ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.11.10 Mendeskripsikan prinsip kerja alat optik.

4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik (Proyek)

Berikut saya bagi materi  Cahaya dan Alat Optik dalam bentuk power point. Semoga bermanfaat

Rabu, 06 Mei 2020

Tata Surya / IPA Kelas VII Semester 2 Kurikulum Nasional

Tata Surya
IPA kelas VII semester 2




A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) 

Kompetensi inti



  • 3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak sekolah  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar 

3.11. Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.

4.11.  Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan
di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.


Berikut penjelasan mengenai materi Tata Surya 
PPT Tata Surya

Selasa, 07 April 2020